Loading...

Blog

jasa stand booth pameran medan

Tips Merancang Booth Agar Semakin Menarik

Sharing is caring!

Ada beberapa unsur yang harus diperhatikan dalam merancang booth pameran agar menjadi semakin menarik. Unsur – unsur tersebut sangatlah penting karena perusahaan yang memakai booth di sebuah pameran hanya memiliki waktu rata – rata tiga detik untuk menarik perhatian pengunjung melalui penampilan booth mereka.

Perusahaan harus mampu memanfaatkan waktu tiga detik tersebut dengan baik untuk mengkomunikasikan pesan utama dari brand mereka kepada pengunjung yang lewat agar tertarik dan mengunjungi booth. Hal ini dapat dilakukan dengan cara penggunaan booth yang memiliki desain menarik.  

Baca juga: Contoh Booth Makanan dan Minuman yang Modern

Pada artikel ini akan dijelaskan beberapa tips desain yang dapat diterapkan pada booth pameran agar menjadi lebih menarik, sehingga aturan tiga detik tersebut tidak berlaku pada booth kamu.

  1. Kesatuan antar bentuk

Kesatuan antar bentuk, atau komposisi antara warna, bentuk, gambar dan teks agar membentuk tampilan yang menarik. Ada beberapa cara untuk mendapatkan komposisi terbaik, yaitu penataan sesuai hierarki, konsep kontras dan point of interest.

  1. Penggunaan warna

Warna adalah unsur terpenting dalam sebuah desain booth pameran karena warna mampu membentuk suasana dan mood ruang. Kombinasi warna harus menarik dan eye catching. Walau warna harus tetap konsisten dengan desain booth, warna tersebut tetap harus membuat booth penjualan lebih menonjol dan memiliki keunikan tersendiri.

Jangan mengaplikasikan perpaduan warna yang terlalu norak pada elemen yang membutuhkan jarak pandang dekat. Gunakan elemen warna yang membutuhkan jarak pandang jauh dan bertujuan untuk menarik konsumen dari jauh. Warna yang terlalu beragam juga harus dihindari karena desain tidak hanya melulu tentang warna, tapi juga kesatuan warna dengan elemen lain seperti bentuk grafis dan tulisan.

  1. Elemen grafis

Keterbacaan, ukuran dan tujuan peletakan elemen grafis, baik warna, gambar dan tulisan adalah hal yang harus diperhatikan dalam meletakkan elemen grafis pada booth. Grafis dapat dikategorikan menjadi tiga bagian untuk mempermudah desain dan tata letaknya dalam sebuah booth pameran.

    1. Grafis utama pada booth harus terlihat dari jarak sejauh sekitar 30 meter. Grafis utama dapat berbentuk logo, merk produk dan gambar dari produk utama sebuah perusahaan.
    2. Booth jenis peninsula exhibits atau island exhibits menggunakan grafis utama yang ditempatkan di atas papan gantung.
    3. Pada pameran in-Line exhibits, grafis utama ditempatkan di bagian atas kanopi, bagian dinding belakang dan ditampilkan dengan ketinggian maksimum sesuai aturan pihak penyelenggara.

 

 

  1. Timbulkan rasa penasaran.

Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi kita dapat menarik perhatian pengunjung melalui grafis yang unik dan menarik. Kecanggihan fitur audio visual seperti penggunaan layar plasma interaktif dan layar sentuh dapat diterapkan pada booth pameran kamu. Lalu, untuk data penting perusahaan, kamu dapat menggunakan infografis, chart dan ilustrasi yang dapat menyampaikan informasi kompleks dengan cara sederhana.

Grafis yang dapat kamu terapkan pada booth penjualan adalah:

  1. Logo atau merk bertulisan tebal dengan background yang sederhana dapat lebih memperjelas visual dan memudahkan pencapaian target.
  2. Gunakan gambar dengan resolusi yang tinggi.
  3. Jangan terlalu banyak menggunakan gambar pemandangan.
  4. Gunakan musik yang nyaman dan menarik sehingga dapat membuat pengunjung datang.

 

  1. Branding

Perusahaan yang ikut dalam sebuah acara pameran harus dapat memamerkan karakter brand mereka. Karakter dan kepribadian ini dapat diumpamakan seperti identitas seorang manusia yang jujur, adil, ramah, berintegritas dan komitmen kepada konsumen.

Saat perencanaan pameran, tentukan target konsumen dan kelebihan produk perusahaan yang dapat ditawarkan kepada pengunjung booth. Dengan begitu kamu dapat menentukan konsep booth pameran sebagai penarik perhatian dan sarana komunikasi perusahaan kepada konsumen.

Kamu dapat menggunakan pertanyaan berikut saat merencanakan konsep branding dan visual dari booth:

  1. Apakah merk produk kamu termasuk merk maskulin,  feminine atau semua gender?
  2. Siapa target pasar kamu? Anak – anak, remaja, atau orang tua?
  3. Apakah perusahaan anda merupakan bidang industri tradisional atau modern?
  4. Apakah produk anda bernilai formal atau entertain?

Empat pertanyaan di atas akan memberikan anda jawaban untuk dapat menentukan konsep booth seperti apa yang anda butuhkan, mulai dari warna, tulisan, bentuk hingga pencahayaan.

Itulah lima tips dalam perancangan booth pameran yang menarik. Jika saat ini kamu membutuhkan Jasa Pembuatan Booth Pameran di Medan, kamu dapat menghubungi kami di nomor WhatsApp yang ada di website ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About Us

Creohouse adalah perusahaan creative house yang berdomisili di kota Medan dengan menawarkan berbagai produk jasa berupa :
Jasa design, jasa kontraktor, jasa arsitek, jasa advertising, jasa merchandise dan jasa booth di kota Medan.

Contact Us

Alamat :
Jln GB Yosua No 222 Q
Medan 20234

Email :
info@creohouse.co.id

Contact Person

Telp : (061) 4200 8205
HP/WA : +62 813-7555-6969
( 24Hours/7Days )

Shorcut Link

About | Disclaimer | Contact | Privacy Policy | Tearm of Service | Site Map

Berlangganan Via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel melalui email kami.