Pembahasan kita pada artikel kali ini adalah Tips Membuat Booth Pameran Ramai Pengunjung. Membahas soal pameran tentunya yang terlintas dalam benak kita yaitu ramainya orang yang berkumpul disatu tempat untuk meilihat suatu pertunjukkan atau membeli suatu produk. Pameran atau yang bisa disebut juga dengan Expo (Exhibition) menjadi ajang dalam mempromosikan brand merek dagang ataupun mempromosikan suatu produk.
Dalam hal membuat booth pameran tidaklah sembarangan, Anda harus memikirkan konsep mulai dari survey lapangan hingga cara menerima calon konsumen. Maka dari itu sangat diperlukan strategi yang matang dalam membuat stand atau booth pameran agar lebih menarik dan banyak orang yang tertarik sehingga memungkinkan memperbanyak semakin banyak yang mengenal brand dan produk Anda. Berikut tips yang bisa anda terapkan dalam membuat booth pameran supaya ramai pengunjung:
Tips Membuat Booth Pameran Ramai Pengunjung
1. Survey Lokasi Pameran
Sebelum memulai mendekorasi booth Anda ada baiknya untuk mengetahui lokasi pameran agar lebih mengetahui tentang konsep area, gedung yang digunakan, fasilitas hingga bagaimana nantinya pengunjung masuk ke pameran Anda. Dengan begitu, Anda pun akan lebih mengerti konsep apa dan memerlukan alat dan bahan apa saja yang kemungkinan akan diperlukan untuk medesain booth.
2. Mencari Lokasi Yang Tepat
Setelah mengetahui area pameran selanjutnya memilih lokasi di mana booth pameran Anda diletakkan. Dengan memilih lokasi yang baik tentunya bisa lebih menarik perhatian calon konsumen. Misalnya memilih area didekat pintu masuk ataupun pintu keluar, area tengah serta area di dekat panggung atau area pertunjukkan. Tetapi, biasanya tidak semua area booth sama harga sewanya yang kemungkinan area yang strategis akan dikenakan harga yang lebih mahal.
3. Mengetahui Portofolio Penyelenggara Pameran
Hal penting yang harus diperhatikan lainnya yaitu mengetahui seperti apa karakterisitik penyelenggara pameran. Anda bisa mencari informasi terdahulu apakah sebelumnya orang atau agensi tersebut sudah pernah mengadakan pameran dan sukses atau tidak. Jadi Anda tidak asal saja mengikuti suatu pameran karena bisa saja bukan untung malah buntung.
4. Mengetahui Tema Pameran
Pada umumnya pameran memiliki sebuah tema, jadi Anda harus memperhatikan tema pada pameran tersebut relevan atau tidak dengan bisnis atau produk Anda. Misalkan Anda memiliki bisnis produk kue kemungkinan kurang cocok dengan pameran dengan tema otomotif yang lebih tepatnya dengan pameran bertema UMKM atau pameran bertema makanan.
5. Membuat dan Mendesain Booth
Setelah selesai memperhitungkan konsep dari lokasi hingga anggaran yang dimiliki, saatnya Anda untuk mendesain dan membuat booth yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Berikut factor-faktor pendukung agar booth pameran Anda terlihat lebih menarik bagi pengunjung:
- Pewarnaan pada booth, Memilih pewarnaan pada booth tentunya harus dipikirkan berulang kali, Anda bisa mengikuti pewarnaan dengan mengikuti konsep tema pameran atau warna khusus dari bisnis atau brand Anda.
- Pencahayaan yang tepat, pencahayaan yang tepat bisa membuat konsumen menjadi lebih nyaman karena dengan pencahayaan yang berlebihan bisa membuat mata menjadi sakit sehingga membuat konsumen menjadi tidak nyaman.
- Welcoming atau kesan pertama, yaitu buat pengunjung merasa kalau booth Anda tertarik untuk dikunjungi dan memberikan senyum, salam dan sapa. Umumnya suatu booth pameran menggunakan jasa SPG untuk membantu pengunjung dari pertama datang hingga keluar dari area booth pameran.
6. Penataan Display Produk dan Display Visual
Buatlah susunan display produk Anda serapi mungkin, sesuaikan dengan kategori produknya masing-masing dan usahakan mudah untuk dilihat oleh konsumen. Utamakan mendisplay produk unggulan atau produk yang lagi memiliki discount agar lebih terlihat jelas oleh pengunjung. Anda bisa menambahkan tulisan harga, nama hingga discount produk tersebut.
Selanjutnya Anda bisa menata display visual seperti X Banner, Roll Up Banner, Brosur, sticker dan sebagainya. Anda bisa menggunakan alat tambahan seperti acrylic untuk melapisinya dan yang terpenting menambah kesan indah booth Anda dan tidak mengganggu kegiatan pengunjung saat di booth Anda
7. Menggunakan Jasa SPG atau Promotor
Dengan menggunakan jasa SPG (Sales Promotion Girls) kegiatan pengunjung bisa lebih ter-arah dan merapikan kembali produk serta booth pameran.
8. Menerapkan Promo pada Produk
Buatlah discount atau promo pada produk yang dijual di pameran seperti beli 2 gratis 1 atau mendapatkan cashback, mendapatkan hadiah hingga kupon undian. Dengan begitu akan membuat pengunjung lebih tertarik membeli produk Anda di pameran.
Demikian pembahasan pada artikel Tips Membuat Booth Pameran Ramai Pengunjung. Jika Anda sedang mencari Jasa Desain Booth Pameran atau Jasa Kontraktor dan jasa lainnya, Anda bisa berkonsultasi (gratis) di Creo House.
Creo House adalah salah satu penyedia Jasa Desain Booth Pameran atau Jasa Kontraktor terbaik di Kota Medan. Tak hanya itu, Creo House juga menyediakan Jasa Advertising, Jasa Waterproofing, Jasa Desain Kanopi dan banyak jasa lainnya.
Bagi anda yang ingin konsultasi ataupun sewa Jasa Desain Booth Pameran di Creo House bisa menghubungi nomor HP/WA berikut 081375556969 fast respone 24 jam.