Stiker merupakan bahan promosi yang paling banyak dan paling sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk berpromosi karena bentuknya yang fleksibel dan bisa ditempel dimana saja. Stiker mungkin memang media promosi yang sangat sederhana, tapi terlepas dari itu stiker bukan hanya berfungsi sebagai dekorasi atau hiasan saja.
Faktanya, stiker cukup populer bagi konsumen dari segala macam usia dan sangat efektif untuk memperluas jangkauan pasar. Salah satu yang paling menonjol adalah stiker di toko perbelanjaan seperti Alfamart dan Indomaret. Nah, untuk apa sih stiker itu digunakan, berikut beberapa ide dengan memanfaatkan stiker sebagai media untuk meningkatkan identitas brand perusahaan Anda secara efektif.
1.Tentukan Target Pasar Anda
Buat kampanye promosi yang sudah disesuaikan dengan target konsumen Anda. Sama seperti strategi pemasaran lainnya, mulailah dengan riset dan perencanaan yang matang untuk promosi menggunakan stiker.
-Apa yang disukai oleh konsumen?
-Seoerti apakah selera dan ekspektasi konsumen?
-Image seperti apa yang ingin Anda buat?
-Konsumen seperti apa yang ingin Anda dapatkan?
-Bagaimana cara Anda meningkatkan rasa penasaran dan membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen?
Jawablah semua pertanyaan tersebut sebagai persiapan dasar Anda sebelum mulai memasarkan produk.
2.Manfaatkan Cetak Stiker Custom
Salah satu keuntungan menggunakan stiker untuk media pemasaran karena bisa diimplementasikan sesuai kebutuhan/tujuan Anda. Selain itu, mencari percetakan untuk membuat stiker custom bisa dengan mudah Anda temukan di kota besar seperti Jakarta. Dengan biaya yang masih bisa dibilang terjangkau Anda bisa mencetak stiker sesuai dengan kebutuhan.
Untuk hal ini sangat direkomendasikan untuk memesan stiker dalam jumlah banyak, agar ongkos cetak jadi lebih rendah. Kebanyakan percetakan menawarkan diskon spesial untuk pencetakan dalam jumlah besar, jadi semakin banyak yang dicetak semakin berkurang juga harga cetak per-stikernya.
3.Tetap Kreatif dan Inovatif
Selain menyesuaikan desain stiker dengan strategi pemasaran dan juga memahami yang konsumen butuhkan, Anda juga harus inovatif. Perlu diingat bahwa pasar kini telah dipenuhi oleh banyak pemain, artinya semakin banyak saingan. Buat stiker Anda berbeda dengan yang lain, berikan kesan tersendiri yang membuat brand Anda lain dari pada yang lain.
4.Distribusikan dengan Menarik
Stiker bisa dengan mudah disebarluaskan seperti brosur atau pamflets, tapi bedanya dengan stiker Anda bisa lebih fun. Buat promosi Anda dengan stiker terkesan seru dan menyenangkan, tetap ringan tapi pesannya tersampaikan.
Untuk memberikan hasil yang efektif pada promosi Anda, pilih dengan seksama desain stiker yang digunakan beserta lokasi penempatannya. Faktanya, posisi Anda menempatkan stiker sama pentingnya dengan pemilihan desain. Spot yang dipilih harus cukup mudah dijangkau oleh mata orang-orang sehingga promosi Anda tidak mudah terlewatkan. Tapi tetap pastikan kalau promosi Anda tidak melanggar batas dan norma
ruang publik.
5.Bumper Sticker dan Semacamnya
Salah satu pilihan yang pantas dicoba untuk mendapatkan banyak ekspose adalah dengan bumper sticker. Saat ini, fungsi stiker mobil sudah meluas. Penempatan stiker pun sekarang tidak hanya melulu pada bagian bemper saja, tapi juga pada kaca jendela ataupun pintu.
Apapun jenis bisnis yang Anda jalani, teknik pemasaran dengan menggunakan stiker patut dicoba. Baik sebagai media pemasaran tunggal ataupun sebagai pendukung strategi pemasaran utama yang sudah berjalan. Kebutuhan utama untuk membangun strategi pemasaran yang efektif dengan stiker adalah dengan membuat ide sendiri dengan orisinilitas dan menyesuaikan dengan media yang dibutuhkan oleh Anda maupun konsumen.
-
Previous Post
7 Jenis Rumput Untuk Taman Rumah
-
Next Post
Contoh Tempat Tidur Tingkat Anak