Semua perusahaan di Indonesia dan juga dunia dijamin akan sangat membutuhkan kegiatan promosi, baik dengan jasa advertising maupun yang dilakukan sendiri. Kegiatan promosi salah satunya adalah memasang iklan, contoh lainnya bisa membagikan brosur atau souvenir. Dalam memasang iklan maka perlu menentukan media yang tepat.

Tips Memilih Media Iklan yang Efektif

Era digital seperti sekarang menawarkan kemudahan untuk melakukan promosi, karena bisa memanfaatkan internet untuk promosi online. Hanya saja, di balik itu semua juga ada beberapa tantangan. Yakni ada lebih banyak pilihan media iklan, baik online maupun offline dan tentu tidak semuanya efektif dan cocok dengan bisnis yang dijalankan.

Oleh sebab itu, banyak pelaku bisnis yang memilih jalan pintas dengan menggunakan jasa advertising Medan. Namun, ada juga yang merasa tertantang untuk belajar memilih media iklan yang efektif secara mandiri. Ingin mencoba pilihan kedua? Maka bisa menyimak tips berikut agar bisa memilih media iklan yang memang efektif:

Sesuaikan dengan Budget
Tips pertama dalam memilih media iklan yang efektif adalah menyesuaikan dengan budget untuk kebutuhan iklan atau promosi. Hal ini penting, karena masing-masing media iklan memiliki kebutuhan biaya yang berbeda. Ada yang dikenal mahal, standar, dan juga murah meriah.

Tinggal disesuaikan dengan budget, karena tidak selalu yang mahal yang paling efektif. Pasalnya, semua media iklan pada dasarnya efektif hanya saja belum tentu sesuai segmen pasar, sesuai karakter produk atau layanan, dan sebagainya. Jadi, sebagai langkah pertama dan uji coba pilih yang sesuai budget.

1. Sesuaikan dengan Segmen Pasar
Tips kedua dalam memilih media iklan secara mandiri adalah menyesuaikan dengan segmen pasar. Jika segmen pasar produk yang dimiliki adalah anak muda maka lebih cocok beriklan di media sosial populer, misalnya Facebook dan Instagram.

Jika segmen pasarnya adalah ibu rumah tangga maka bisa menyasar promosi offline di berbagai pusat perbelanjaan. Begitu juga dengan yang lainnya, sehingga iklan yang dipasang bisa dilihat oleh target pasar. Nantinya akan lebih efektif dibanding beriklan di media yang tidak pernah digunakan atau bersinggungan dengan target pasar.

2. Pilih Media Populer
Jika menggunakan jasa advertising Medan memang tinggal terima beres, sehingga lebih praktis. Namun, mencoba melakukan pemasaran sendiri juga bukan sesuatu yang salah selama dilakukan dengan benar. Salah satunya memilih media iklan yang memang tepat.

Jika ingin hasil yang efektif maka sebaiknya menggunakan media iklan populer. Media iklan yang banyak dibicarakan biasanya akan menjadi prioritas untuk digunakan atau dikunjungi oleh masyarakat. Sehingga potensi pengenalan produk dan layanan lebih efektif. Oleh sebab itu, pilih media iklan yang sedang naik daun.

3. Cocok dengan Karakter Bisnis
Tips berikutnya adalah mencoba memilih media iklan yang memang sesuai dengan karakter bisnis atau karakter produk yang disediakan. Jika menjual produk yang cepat rusak atau basi seperti makanan.

Maka pilih media iklan lokal sebab hanya menyasar orang-orang sekitar yang lokasinya dekat. Sebaliknya, jika produk punya tahan lama maka bisa diiklankan secara online untuk menjangkau pasar lebih luas.

Serahkan pada Ahlinya
Jika mengalami kesulitan untuk menentukan media mana yang akan digunakan beriklan. Maka ada baiknya diserahkan kepada ahlinya, salah satunya melalui jasa Creo House yang memiliki tim berpengalaman dan ahli di bidang advertising. Sebagai jasa advertising Medan yang sudah berpengalaman, maka akan dibantu memasang iklan di media-media terbaik.

Post a comment

Your email address will not be published.

Related Posts