Loading...

Tips Agar Rumah Selalu Tampak Rapi

rumah-tidak-rapi

Tips Agar Rumah Selalu Tampak Rapi

Sharing is caring!

Melihat rumah yang berantakkan memang membuat kita jengkel, terlebih lagi jika hl tersebut berulang-ulang kembali terjadi. Hal tersebut bisa saja terjadi karena banyaknya aktivitas di rumah yang dilakukan oleh anak-anak anda di rumah.

Bila hal tersebut terjadi mungkin kita sebagai orang tuan hanya bisa melakukan perapian disaat-saat pembersihan rumah. Namun dibawah ini kami akan memberikan tips bagaimana agar rumah anda selalu tampak rapi disetiap saat.

Sembunyikan perlengkapan mandi
Ruangan pertama yang perlu mendapatkan atensi lebih adalah kamar mandi. Tentu tamu Anda akan membutuhkannya, untuk sekadar mencuci tangan atau membasuh muka. Karena itu, jangan biarkan perlengkapan mandi diletakkan di sembarang tempat. Agar selalu rapi Anda dapat memanfaatkan tiap inci rak penyimpanan obat sehingga sikat gigi atau pisau cukur, bisa Anda gantung dan sembunyikan.

Rapikan charger HP
Kabel charger smartphone yang menjuntai, kerap membuat meja nampak kotor. Trik mudah memberesekannya, ambil beberapa paper clip berukuran besar lalu jepitkan ke pinggir meja. Setelah itu masukkan connector charger ke dalam lubang paper clip, dan masalah kabel berantakan hilang seketika.

Mengatur laci
Jika Anda tidak memiliki cukup banyak laci untuk menyimpan satu jenis barang, cara mudah menatanya adalah memberi sekat. Siapkan beberapa kardus sereal bekas, kertas kado, gunting, cutter, dan lem. Lalu potong kardus sesuai dengan lebar dan tinggi laci. Tutup seluruh bagian kardus dengan kertas kado, sekat untuk laci Anda pun siap digunakan. Manfaat dari pemberian sekat ini adalah untuk mengelompokkan beragam jenis barang ke masing-masing sekat pada laci.

Menjadikan garasi sebagai gudang
Di samping berguna sebagai tempat menyimpan kendaraan, garasi rumah juga sering dialihfungsikan menjadi gudang tambahan. Seperti untuk menyimpan berbagai perkakas rumah tangga. Agar gudang tambahan ini selalu rapih dan bersih, Anda tentu harus memperhatikan lokasi penempatannya. Setelah menyortir berbagai barang yang ingin disimpan, langkah selanjutnya adalah membuat tempat penyimpananya. Jika ukuran ruang garasi Anda tidak terlalu besar, cara tepat yang bisa dilakukan yakni memasang rak yang dikaitkan ke atap atau dinding bagian atas. Atau menggunakan hook yang dipasang di dinding sebagai pengait, untuk berbagai barang yang bisa digantung. Untuk menyimpan benda-benda tajam, Anda perlu menyiapkan 1 buah rigid foam (busa kaku) dan kayu lapis. Lalu rekatkan keduanya dengan lem khusus untuk busa, tekan hingga menyatu dan biarkan kering selama beberapa jam. Selanjutnya tempelkan kayu lapis ke dinding garasi Anda dengan bor tangan, dan kumpulan benda tajam siap ditancapkan.

Manfaatkan space lemari dapur
Menjaga dapur agar tetap bersih memang bukan pekerjaan yang mudah. Tetapi jika Anda ingin dapur secantik acara masak di televisi, rajinlah membersihkan dapur dan menata perabot dengan rapi. Ketimbang menaruhnya di meja dapur, lebih baik letakkan berbagai perlengkapan masak di rak yang tertutup atau digantung di dinding. Anda juga bisa mengganti kumpulan resep masakan yang tersebar di meja dapur dengan tablet yang sudah jarang digunakan. Untuk menjaga tablet Anda tetap aman, letakkan di atas tray yang dirancang menggantung agar mudah dijangkau.

Ruang cuci pakaian
Interior rumah tidak hanya mengenai kamar tidur, ruang makan, ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, dan dapur. Anda juga perlu memikirkan kerapihan tempat untuk mencuci pakaian. Agar tumpukan deterjen, pelembut, dan pewangi pakaian selalu terogranisir, jadikanlah rak plastik untuk pakaian kotor sebagai wadahnya. Selanjutnya, tempel bagian bawah rak ke dinding menggunakan paku.

Kolong tempat tidur
Jika Anda memiliki tempat tidur dengan area di bawah alias kolong tempat tidur, manfaatkan bagian itu untuk menempatkan beberapa barang. Istilah kerennya, memanfaatkan kamar minimalis menjadi lebih efisien. Anda dapat menggunakan rak pencuci piring yang sudah tak terpakai. Lalu beri roda di bagian bawah untuk memudahkan Anda saat mengeluarkan dan memasukkannya.

Penempatan Galon Air.
Cadangan galon air yang tidak disimpan rapi dapat mengganggu pemandangan. Sebaiknya, simpanlah galon ditempat tertutup, jauh dari pandangan tamu dan tidak terkena debu. Yang terpenting, tidak terkena sinar matahari langsung dan tidak menjadi sarang serangga. Cara praktis, Anda dapat menggunakan solusi air yang bisa diminum langsung dari kran air. Beberapa perumahan baru bahkan sudah menyediakan sistem pengairan yang bagus, salah satunya adalah Akasha Jagakarsa di Jakarta. Pada setiap unit di perumahan ini, terdapat fasilitas sistem penyulingan air (reverse osmosis) yang memungkinkan Anda dapat langsung meminum air dari kran. Akasha Jagakarsa juga memiliki Solar System electricity, di mana konsumsi 20%-30% listrik dirumah di bantu oleh matahari.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Us

Creohouse adalah perusahaan creative house yang berdomisili di kota Medan dengan berbagai produk jasa berupa jasa design, jasa kontraktor, jasa arsitek, jasa advertising dan jasa merchandise.

Contact Person

Alamat : Grand Palladium Mall,
Lantai 3 Blok TS 27 No 6-7
Jln. Kpt. Maulana Lubis No. 8, Medan
Telp : (061) 4200 8205
HP/WA : +62 813-7555-6969 /
0859-2340-4332
( 24Hours/7Days )
Email : info@creohouse.co.id

Berlangganan Via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel melalui email kami.