Loading...

Membuat Ruang Kerja Sendiri di Rumah

Tips Membuat Ruang Kerja di Rumah

Membuat Ruang Kerja Sendiri di Rumah

Sharing is caring!

Bekerja tidak selamanya berada di kantor maupun luar rumah. Kita bisa menciptakan sendiri pekerjaan di rumah. Atau bagi anda yang bekerja sebagai freelance, tidak heran jika pekerjaan tersebut banyak dilakukan di dalam rumah. Untuk melakukan aktivitas pekerjaan tersebut, tentu anda menginginkan ruang kerja tersendiri yang nyaman dan bersih tentunya.

Dengan ruang kerja yang nyaman akan membantu pekerjaan cepat teratasi tanpa ada gangguan dari orang lain. Terkadang kita membutuhkan suasana yang sepi untuk bekerja sehingga terhindar dari gangguan yang akan menghilangkan konsentrasi bekerja kita tersebut. Sehingga pekerjaan tersebut akan lebih maksimal.

Baca Juga : Contoh Meja Belajar Minimalis 2017

Hal pertama untuk mendukung Anda bekerja secara maksimal di rumah adalah dengan membuat desain ruang kerja secara tepat. Hal yang harus diperhatikan ketika membuat ruangan kerja antara lain :

Letak Ruang Kerja

Letak Ruang Kerja di RumahAnda mungkin biasa mengerjakan pekerjaan di tempat tidur, ruang keluarga atau bahkan ruang makan. Bekerja pada ruangan tersebut akan menyulitkan Anda untuk berkonsentrasi yang dapat mengakibatkan pekerjaan tidak selesai sempurna. Selain itu, hal itu dapat mengganggu anggota keluarga lain yang membutuhkan ruangan tersebut. Maka, sebaiknya dibuatkan ruangan khusus untuk bekerja.

Anda dapat memanfaatkan ruang kosong yang tidak terpakai atau kamar tidur yang belum digunakan. Ruangan yang dibutuhkan untuk bekerja tidak perlu terlalu besar, yang penting cukup untuk meletakkan meja dan kursi. Bahkan area di bawah tangga juga bisa cocok dijadikan ruang kerja yang cukup nyaman (lihat gambar ilustrasi di awal artikel). Jika ruangan cukup besar, Anda dapat menambahkan rak dan buku-buku serta berbagai hiasan yang sesuai dengan karakter Anda dan dapat membuat Anda merasa nyaman.

Sirkulasi

Sirkulasi udara ruang kerjaRuangan kerja harus memiliki sirkulasi udara yang baik. Akan lebih baik jika ruangan memiliki bukaan dan ventilasi yang baik. Jika diperlukan, dapat dipasang penyejuk udara (AC). Pastikan kapasitas AC sesuai dengan ukuran ruangan. Sirkulasi udara penting agar ruangan menjadi nyaman untuk bekerja.

Selain sirkulasi udara, penting juga memperhatikan sirkulasi orang. Jika ada karyawan, pintu masuk ruang kerja sebaiknya berbeda dengan pintu masuk rumah. Ruangan kerja juga sebaiknya dapat diakses langsung dari teras rumah, tanpa perlu masuk dulu ke dalam rumah.

Peralatan Kerja
Peralatan kerja yang wajib ada adalah meja dan kursi. Namun, diperlukan juga beberapa penunjang kerja seperti komputer, telepon, buku-buku, rak buku, tempat penyimpanan file dan dekorasi untuk mempercantik ruangan.

Ukuran peralatan kerja harus disesuaikan dengan ukuran ruangan. Jika ruangan tidak terlalu besar, sesuaikan dengan ukuran meja dan kursi yang akan dipakai. Untuk memaksimalkan fungsi peralatan ruang kerja, maka dapat menggunakan furniture yang didesain sendiri daripada membeli furniture yang sudah jadi. Cara lainnya adalah dengan menggunakan furniture multi fungsi, misalnya menggunakan kursi tunggu yang dapat menjadi media penyimpanan.
Selain menyesuaikan dengan ukuran, pemilihan peralatan kerja harus memenuhi kenyamanan dan keselamatan penggunanya. Misalnya dengan memilih kuris kerja yang tidak terlalu keras, tidak terlalu empuk dan tidak menyebabkan sakit pinggang.

Peletakan Peralatan Kerja

peralatan-kerjaPosisi untuk meletakkan peralatan kerja berpengaruh dalam menciptakan kenyamanan bekerja dan sirkulasi orang. Rencanakan di mana peralatan akan diletakkan agar tidak mengganggu aktivitas atau sirkulasi orang. Segi kenyamanan juga wajib diperhatikan. Misalnya, dengan tidak meletakkan komputer membelakangi jendela karena akan menyilaukan saat Anda melihat layar komputer. Posisi yang paling baik adalah komputer diletakkan di samping jendela.

Dengan mendesain ruangan kerja secara tepat, bekerja di rumah akan terasa nyaman tanpa harus mengganggu dan terganggu dengan anggota keluarga lainnya. Bahkan bekerja dari rumah bisa membuat hasil pekerjaan lebih baik karena Anda dapat bekerja dengan nyaman.

Facebook Comments

2 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Us

Creohouse adalah perusahaan creative house yang berdomisili di kota Medan dengan berbagai produk jasa berupa jasa design, jasa kontraktor, jasa arsitek, jasa advertising dan jasa merchandise.

Contact Person

Alamat : Grand Palladium Mall,
Lantai 3 Blok TS 27 No 6-7
Jln. Kpt. Maulana Lubis No. 8, Medan
Telp : (061) 4200 8205
HP/WA : +62 813-7555-6969 /
0859-2340-4332
( 24Hours/7Days )
Email : info@creohouse.co.id

Berlangganan Via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel melalui email kami.