Loading...

Macam-macam Jenis Iklan Produk

Jenis-jenis Iklan Produk

Macam-macam Jenis Iklan Produk

Sharing is caring!

Iklan produk adalah iklan yang tujuan utamanya untuk memberikan informasi tentang barang atau jasa yang ditawarkan. Macam Iklan produk atau jenis iklan produk ini dibagi menjadi tiga kelompok yaitu:

1. Iklan pionir atau Pioneering Advertising
Pioneering advertising atau iklan pionir yang adalah advertising yang ditujukan untuk membentuk “primary demand”. Yang diperkenalkan adalah jenis produk, dan bukan mereknya. Advertensi ini diperlukan untuk memberikan gambaran kepada khalayak tentang suatu produk hasil penemuan baru. Pioneering advertising ini dipakai pada tahap perkenalan dalam product life cycle suatu produk. “Tugas” utama advertising in adalah memberikan informasi, bukan membujuk calon konsumen. Iklan pionir tidak harus menyebutkan merek barang atau nama perusahaan yang menjualnya.

 

2. Iklan persaingan atau Competitive Advertising
Iklan persaingan atau Competitive Adevertising menitik beratkan pada selective demand. Karena itu competitive advertising ini merangsang selective demand dengan cara menawarkan barang dari merek tertentu, bukan barang secara umum. Competitive advertising akan menciptakan kesetiaan konsumen terhadap suatu merek tertentu, yang dianggapnya mempunyai kelebihan daripada merek-merek lain dan mampu untuk memuaskan kebutuhannya.
Competitive advertising ini biasanya dilakukan pada waktu barang sudah memasuki tahap kedua (pertumbuhan) dalam product life cycle di mana persaingan mulai dirasakan.

 

3. Iklan pengingat atau Reminder Advertising
Iklan pengingat atau Reminder Advertising adalah iklan yang dilakukan pada waktu barang yang ditawarkan sudah berada dalam tahap yang lebih jauh, mungkin tahap kematangan atau penurunan penjualan. Bila barang berada dalam tahap penurunan, advertensi di sini berperan dalam mengingatkan kembali para konsumen yang dulu pemah menyukai barang yang dihasilkan dan dijual perusahaan tertentu. Jika barang berada dalam tahap kematangan, maka dilakukannya reminder advertising ini dengan maksud mempertahankan “brand image” dan brand loyalty. Dalam hal ini biasanya hanya disebutkan nama atau merek barang saja tanpa kata-kata lain.

 

Dengan demikian dapatlah disimpulkan bahwa ketiga macam iklan di atas sebenamya saling berhubungan satu sama lain. Pioneering advertising atau iklan pionir dimaksudkan untuk memperkenalkan barang secara umum. Konsumen akan suatu merek tertentu dibentuk dengan bantuan competitive advertising atau iklan persaingan. Bila sudah mencapai tahap tertentu, reminder advertising atau iklan pengingat diperlukan.

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Us

Creohouse adalah perusahaan creative house yang berdomisili di kota Medan dengan berbagai produk jasa berupa jasa design, jasa kontraktor, jasa arsitek, jasa advertising dan jasa merchandise.

Contact Person

Alamat : Grand Palladium Mall,
Lantai 3 Blok TS 27 No 6-7
Jln. Kpt. Maulana Lubis No. 8, Medan
Telp : (061) 4200 8205
HP/WA : +62 813-7555-6969 /
0859-2340-4332
( 24Hours/7Days )
Email : info@creohouse.co.id

Berlangganan Via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel melalui email kami.