Loading...

Cara Membuat Gazebo Minimalis

Cara Membuat Gazebo

Cara Membuat Gazebo Minimalis

Sharing is caring!

Dalam mempercantik sebuah hunian banyak bermacam cara yang dapat dilakukan mulai dari eksterior rumah seperti taman belakang atau depan rumah, kolam renang, kolam ikan dan masih banyak lagi yang bisa kita buat dan salah satunya adalah dengan membangun saung atau gazebo. Gazebo merupakan salah satu fasilitas dengan ruang-ruang terbuka sebagai alternatif tempat berkumpul dan melakukan kegiatan santai bersama anggota keluarga lainnya, banyak juga yang menyebut saung karena digunakan untuk tempat santai, dan biasanya terletak di taman belakang rumah.

Dalam mengikuti perkembangan trend saung gazebo cukup banyak dengan menerapkan konsep dan desain minimalis, dari segi atap, banyak model atap yang bisa kita gunakan baik dari rumput alang – alang maupun dari kayu kelapa, sirap, dan untuk tiang penyanggah bisa menggunakan bambu maupun kayu jati. Cara pembuatannya pun  bisa melalui jasa pembuatan saung yang sudah banyak beredar di internet maupun dengan cara membuat sendiri, namun setidaknya anda harus punya sedikit skill dalam bidang ini.

Yang pertama adalah dengan menentukan ukuran yang akan hendak dibuat serta persiapkan bahan-bahan yang hendak digunakan misalnya dari bambu, jika anda memilih dari bambu gunakan lah bambu petung. Setelah itu menentukan model atap saung gazebo tersebut, apabila menggunakan alang-alang pada umumnya memiliki harga sekitar Rp. 1600 satu lembarnya dengan panjang sekitar 2,8 serta lebar 80 cm. Untuk menyusun 1 meter persegi biasanya akan menghabiskan 7 sampai dengan 8 lembar dengan jarak pemasangan 5 centimeter.

Layaknya membuat rumah maka potonglah bambu yang akan dibuat sebagai bahan gazebo sesuai ukuran yang anda pergunakan dan desainpun terserah selera anda, sedangkan paku yang dapat anda gunakan untuk menyambung yakni paku pasak yaitu model paku yang terbuat dari bamboo. Paku ini dibuat dari bambu yang sudah anda runcingkan terlebih dahulu.

Selanjutnya lubangi bagian bambu untuk menyambungkan bambu yang satu dengan yang lain menggunakan paku tersebut. Untuk mempererat setiap sudut gunakanlah tali sebagai pengikat, selain mempunyai fungsi tersendiri tali juga menambah kesan tradisional.

Anda juga harus membuat kerangkan atap terlebih dahulu sebelum membuat saung gazebo tersbeut, karena ini bertujuan untuk memasang atap yang sudah anda buat dari alang-alang tersebut. Namun jika anda merasa kesulitan dalam membuat saung tersbeut, maka alangkah baiknya anda menyewa ahlinya saja untuk membuat saung gazebo pada rumah hunian anda supaya hasilnya menjadi maksimal.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Us

Creohouse adalah perusahaan creative house yang berdomisili di kota Medan dengan berbagai produk jasa berupa jasa design, jasa kontraktor, jasa arsitek, jasa advertising dan jasa merchandise.

Contact Person

Alamat : Grand Palladium Mall,
Lantai 3 Blok TS 27 No 6-7
Jln. Kpt. Maulana Lubis No. 8, Medan
Telp : (061) 4200 8205
HP/WA : +62 813-7555-6969 /
0859-2340-4332
( 24Hours/7Days )
Email : info@creohouse.co.id

Berlangganan Via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel melalui email kami.